SEPATU BOLA: ANTARA FUNGSI DAN GAYA

Seperti telah kita bahas beberapa kali, sepatu bola merupakan bagian terpenting dari seragam para pemain untuk  pertandingan sepakbola. Sebagaimana perubahan kostum pemain bola sejak awal adanya pertandingan sepakbola resmi, sepatu bola juga mengalami banyak perubahan desain yang mengagumkan selama kurun waktu 70 tahun terakhir.

Evolusi perkembangan sepatu bola berdasar pada pertimbangan yang bertentangan antara perlindungan terhadap iklim dan cedera; dengan kebebasan tungkai untuk bergerak dan melakukan performa lebih baik. Perkembangan kebugaran para pemain secara positif mempengaruhi perputaran pada pengembangan sepatu bola. Perubahan-perubahan tersebut kemudian lebih.

Sepakbola tampak lebih mementingkan penampilan dan gaya  daripada keinginan untuk bermain lebih baik atau mengurangi resiko cedera. Hal tersebut berdasarkan sebuah kajian bahwa ada banyak cedera yang terjadi karena inovasi sepatu bola. Benarkah itu?

Pada tahun-tahun pertama pembuatannya, sepatu bola secara umum berwarna hitam dan memiliki potongan lebih tinggi daripada yang dipakai pada hari ini. Evolusi desain dari sepatu bola telah menjadi bagian dari pertandingan. Terlabih lagi yang paling penting adalah perkembangan jersey/seragam pemain serta kesesuaian kaos kaki dan celana seragamnya.

Para pemain menggunakan sepatu bola khusus dan di desain secara khusus pula untuk mereka. Perubahan yang lebih signifikan adalah bahwa pada masa modern, potongan sepatu bola lebih rendah, warna juga telah berubah. Sepatu bola saat ini jauh lebih nyaman dan lebih ringan daripada sepatu bola yang lama.

Sepatu bola yang lama terbuat dari kulit dengan pul atau cleats terbuat dari kayu serta sol kulit. Sedangkan sepatu bola terbaru terbuat dari kulit dan bahan sintetis, sol plastik atau karet dan pul atau cleats-nya bisa terbuat dari plastik, karet, alumunium dan bahkan campuran dari ketiga bahan tersebut.

Beberapa sepatu bola telah merubah penempatan tali sepatu dan menempatkannya di bagian samping sepatu, bahkan sebagian sudah tidak memilikinya lagi. Disebutkan bahwa dengan perubahan penempatan tali sepatu, anda bisa menendang bola lebih akurat.

Para pemain dan pabrik sepatu bola juga menggunakan sepatu bola sebagai tujuan marketing, dengan sepatu edisi khusus, warna sepatu yang berbeda-beda, bahkan sepatu bola yang ditandatangani khusus oleh seorang bintang sepakbola. Warna yang berbeda-beda pada sepatu bola tidak terbatas. Mulai dari warna hitam gelap dan keemasan dengan detail khusus, atau dengan, dua tiga bahkan empat warna dikombinasikan.

Kenyamanan adalah hal yang sangat penting pada sepatu bola. Sepasang sepatu bola yang tidak nyaman dapat menyebabkan kaki anda melepuh parah. Biasanya, sepatu bola yang baru perlu dibuka terlebih dahulu, dicoba ringan sehingga mereka bisa beradaptasi dengan bentuk kaki anda sehingga menghindari kaki anda melepuh.Bagaimanapun juga, dengan teknologi yang semakin maju, kenyamanan terus ditingkatkan secara konstan. Sehingga seseorang akan mampu mengenakan sepatu bola baru dan bermain dengan nyaman tanpa kaki yang melepuh.

Meskipun desain sepatu bola tidak terlalu banyak berubah dalm kurun waktu 70 tahun terakhir, tetapi tetap saja ia berbeda dari sepatu bola yang pertama kali ada. Teknologi telah merubah rasa mengenakan sepatu bola dan berat sepatu bola yang jauh lebih ringan daripada yang kali pertama dibuat.

Untuk bermain dengan baik, sepakbola akan sangan bergantung pada kualitas sepatu bola yang dikenakan dalam pertandingan. Para pemain profesional dan amatir biasanya suka tampil beda dengan mengenakan warna yang tidak umum dan sepatu bola dengan desain khusus.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s